Pengertian dan Sejarah komputer dari generasi pertama sampai ke lima secara singkat jelas dan lengkap

Komputer merupakan perangkat yang sangat penting saat ini untuk membantu menyelesaikan pekerjaan harian anda dengan cepat, selain itu juga ada komputer versi jalan-jalan alias bisa di bawa pergi kemana saja, yaitu laptop atau notebook, dengan ukurannya yang kecil sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Namun bila kita melihat ke beberapa dekade yang lalu mengenai sejarah komputer beserta perkembangannya, yang mana pada masa itu teknologi belum semaju dan secanggih sekarang, ukurannya pun sangat besar dan berat, yang tentu saja tidak mudah untuk dibawa kemana-mana.


Sejarah dan perkembangan komputer


Sejarah dan perkembangan komputer dibagi menjadi lima generasi, setiap generasi ditetapkan berdasarkan kemajuan teknologi pengembangan yang digunakan untuk membuat komputer tersebut untuk beroperasi. Dari tiap generasi yang berbeda ini teknologi pengembangan menghasilkan komputer yang lebih kecil, murah, efisien, dan performa yang bagus.


Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi


Nah, yuk simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahui lebih detail mengenai sejarah komputer beserta perkembangannya mulai dari komputer generasi pertama hingga sekarang:


Komputer Generasi Pertama (1946 – 1959) Tabung Vakum


Pengertian, sejarah, dan perkembangan komputer dari generasi ke generasi khusniyazid.blogspot.com


Komputer generasi pertama ini dibuat pada tahun 1946 dengan menggunakan tabung vakum sebagai komponen paling dasar. Tabung vakum adalah material yang sangat tidak efisien dan menghasilkan panas yang berlebihan dan juga membutuhkan daya listrik yang besar untuk dapat bekerja.

ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer merupakan salah satu contoh dari komputer generasi pertama yang dibuat oleh Mauchly dan Echert.Komputer Eniac ini menggunakan +-18.000 tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki persegi dan dengan berat kurang lebih 30 ton.

Komputer generasi pertama ini menggunakan bahasa mesin, yang merupakan bahasa pemrograman paling dasar yang hanya dapat dipahami oleh komputer itu sendiri. Komputer generasi ini memiliki kemampuan yang terbatas untuk memecahkan suatu masalah dalam satu waktu yang singkat. Untuk melakukan input digunakan kartu berlubang dan pita kertas, dengan hasil sebuah print-out. Meski dengan fungsi yang sangat terbatas, namun biaya pembuatan komputer generasi ini terbilang yang sangat mahal dan fantastis sekali, yaitu sekitar satu juta dollar.

Komputer Generasi Kedua (1959 – 1965) Transistor


Pengertian, sejarah dan perkembangan komputer dari generasi ke generasi khusniyazid.blogspot.com

Komputer generasi kedua ini ditandai dengan munculnya Teknologi transistor, yang menggantikan peran dari tabung vakum pada komputer generasi pertama sebelumnya. Perkembangan transistor melambangkan peningkatan yang baik pada teknologi dimasa itu.

Apabila dibandingkan dengan tabung vakum di komputer generasi pertama, transistor memiliki ukuran yang lebih kecil dan menghasilkan panas yang lebih sedikit, tingkat kegagalannya juga cenderung lebih kecil apabila dibandingkan dengan komputer yang dibuat dengan tabung vakum. Sebagai hasilnya, transistor mampu membuat komputer yang lebih kecil dari generasi sebelumnya, dan lebih murah dibandingkan dengan komputer generasi pertama.

Pada komputer generasi ini juga mengalami perkembangan pada bahasa pemrograman yang digunakannya. Bahasa mesin yang dulunya menjadi bahasa satu-satunya yang digunakan kini digantikan dengan bahasa assembly atau bahasa simbolik. Hal ini berarti programmer dapat memberikan instruksi dengan kalimat dan ikut andil peran dalam perkembangannya. Disaat yang sama bahasa pemrograman tingkat tinggi juga sedang dikembangkan seperti Common Business-Oriented Language (CBOL) dan Formula Translator (FORTRAN), Perkembangan bahasa pemrograman ini memberikan manfaat komputasi lebih jelas lebih cepat dan lebih akurat dari pemrogaman sebelumnya.


Komputer generasi ketiga


Pengertian, sejarah dan perkembangan komputer dari generasi ke generasi


Pada komputer generasi ketiga ini menggunakan Integrated Circuit (ICs) menggantikan transistor sebagai komponen dasar komputer. Transistor pada generasi ini telah di miniaturkan dan diletakkan pada IC, satu buah IC terdiri dari gabungan beberapa transistor, resistor dan kapasitor.

IC pertama kali dikembangkan oleh Jack Kilby seorang insinyur listrik yang kemudian beliau dianugerahkan penghargaan tertinggi nobel atas penemuannya itu. dengan penemuannya tersebut memberikan peningkatan yang signifikan terhadap perkembangan teknologi terutama komputer baik dari segi kecepatan dan efisiensi dari sebuah komputer, serta membuat komputer di generasi ketiga ini jauh lebih kecil dan tentu saja mempermudah pekerjaan dibanding sebelumnya.

Komputer di generasi ini menjadi komputer pertama yang mana pengguna mampu berinteraksi dengan menggunakan keyboard dan monitor dengan interface sistem operasi, sebuah kemajuan bila dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya yaitu menggunakan kertas berlubang.

Sebagai hasil dari pengembangan teknologi di era tersebut, komputer pada waktu itu dapat dijangkau untuk publik karena harganya yang lebih murah dengan ukuran yang lebih kecil.

Komputer Generasi Keempat (1971 – Sekarang) Microprosesor


Pengertian, sejarah dan perkembangan komputer dari generasi ke generasi lengkap


Ini adalah generasi dimana anda berada sekarang, komputer yang ada saat ini merupakan komputer dari generasi keempat, yaitu “Microprosesor” adalah konsep utama dibalik generasi ini. Dalam satu chip, terdiri dari ribuan transistor dan elemen sikuit lainnya yang dihubungkan menjadi satu.

Perkembangan komputer generasi keempat tidak terlepas dari perusahaan Intel, salah satu perusahaan pembuat chip yang telah menciptakan Intel 4004, Chip yang menjadi langkah cikal bakal awal pada perkembangan teknologi komputer yang kemudian menggantikan komponen komputer yang dulu sebesar ruangan, dan kini hanya sebesar kotak meja.

Di tahun 1971 komputer pertama buatan IBM diciptakan yang didesain khusus untuk pengguna rumahan, dan tahun 1984 Macinthos pertama kali diperkenalkan oleh Apple. Melihat perkembangan yang signifikan pada peningkatan yang terjadi komputer di generasi ini melahirkan ide untuk menciptakan sebuah jaringan komputer,  yang akhirnya menjadi cikal bakal pada perkembangan dan kelahiran internet. Kemajuan besar lainnya yang terjadi di generasi ini adalah diciptakannya Graphical User Interface (GUI), mouse, dan kemajuan yang signifikan lainnya hingga menghasilkan komputer gendong yang bisa dibawa kemana-mana atau yang biasa disebut laptop. xD

Komputer Generasi Kelima (Sekarang dan Masa yang akan datang) dan Kecerdasan Buatan (artificial intelegen)


Pengertian, sejarah dan perkembangan komputer dari generasi ke generasi


Komputer generasi kelima memiliki teknologi berdasarkan kecerdasan buatan, atau biasa disebut artificial intelegen, dan hal ini masih dalam tahap pengembangan. Tujuan dari pengembangan komputer generasi kelima ini adalah menghasilkan sebuah komputer yang mandiri, mampu merespon dengan input bahasa sehari-hari dan memiliki kemampuan untuk mempelajari ruang lingkup sekitar, mengoreksi dan menyesuaikan diri sendiri.

Komputer kuantum, nanoteknologi dan molekuler menjadi kunci dari teknologi komputer generasi ini. Jadi boleh dikatakan bahwa komputer generasi ini akan memiliki motif kecerdasan layaknya kecerdasan pada manusia seperti kita.

Setelah membaca sejarah komputer diatas beserta perbandingannya dari tiap generasi tentu saja membuat anda bangga atas pencapaian yang telah terjadi di dunia teknologi, teknologi tidak ada matinya, akan selalu terupdate. maksud saya adalah coba saja anda bayangkan bila komputer saat ini masih sebesar komputer generasi pertama dulu, yang besar dan sangat panas. Tentu akan menghambat kerja kita.

Demikian artikel untuk sejarah komputer secara singkat, lengkap dan sistematis ini saya buat. Apabila artikel sejarah komputer dari awal sampai akhir ini bermanfaat buat kalian pada umumnya dan saya khususnya, kalian bisa bantu share ke teman, sahabat, dan keluarga ke timeline favorite kalian, terimakasih! 