Pengertian sistem operasi (OS), fungsi dan contoh sitem operasi secara umum dan global

Sering kita mendengar kata sistem operasi jika membicarakan barang-barang elektronik, terutama masalah gadget, perangkat komputer dan smartphone. Sistem operasi atau yang lebih sering disebut sebagai OS merupakan salah satu hal pokok yang harus dipelajari sebagai informasi yang mendasar di dunia teknologi informasi terutama bagi mereka yang sering menggunakan komputer dan gadget.

Sistem operasi banyak ditemui di perangkat komputer maupun ponsel masa kini atau smartphone. Untuk jenis komputer dan laptop, kebanyakan menggunakan sistem operasi Windows karena di anggap menjadi salah satu sistem operasi yang user friendly, sedangkan untuk ponsel pintar a.k.a smartphone lebih dominan menggunakan sistem operasi Android. Dalam artikel berikut ini akan dijelaskan lebih detail dan mendalam mengenai pengertian sistem operasi dan fungsi sistem operasi yang perlu anda ketahui. Simak penjelasannya sebagai berikut :

Pengertian Sistem Operasi


Sistem operasi atau yang juga dikenal dengan istilah Operating System (OS) adalah salah satu perangkat lunak atau software yang bertanggung jawab untuk mengatur dan mengontrol kinerja perangkat keras atau hardware dan menjalankan aplikasi atau software didalam suatu sistem komputer.

Cara kerja sistem operasi


Jadi secara singkatnya sistem operasi adalah sistem yang mengendalikan operasi dasar dan memastikan sistem dalam komputer untuk dapat berjalan dengan semestinya dengan memaksimalkan fungsi dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) . Sistem operasi memungkinkan suatu aplikasi dapat berfungsi sehingga sistem operasi juga disebut sebagai essential component. Komputer dan perangkat keras pendukungnya tidak akan berfungsi apabila tidak ada sistem operasi, jadi sistem operasi adalah perangkat lunak pokok yang wajib ada di sebuah komputer atau smartphone.

Bisa kita pahami dengan seksama sistem operasi sebenarnya adalah penghubung antara perangkat keras atau hardware dengan perangkat lunak atau software. Saat komputer pertama kali dihidupkan, maka kita tahu bahwa yang berjalan adalah sistem operasi dan baru kemudian setelah komputer menyala, barulah program dan aplikasi startup bisa berjalan dengan semestinya dan maksimal.

Intinya, sistem operasi atau OS adalah sistem utama yang berada dilapisan pertama yang memproses data-data . Saat ini ada banyak sistem operasi yang dikenal di dunia salah satu diantaranya yang dominan adalah Linux dan distro-distro turunannya yang banyak sekali, Windows, Mac OS dan lain sebagainya.

Tampilan interface sistem operasi mac os x - khusniyazid.blogspot.com

Tampilan Mac Os

Tampilan sistem operasi ubuntu - khusniyazid.blogspot.com

Tampilan distro linux : ubuntu

Tampilan windows 10s - khusniyazid.blogspot.com
Tampilan sistem operasi windows 10


Sebagai suatu perangkat lunak pokok yang wajib ada dalam sebuah komputer, sistem operasi memiliki beberapa fungsi penting dan tanpa adanya sistem operasi maka komputer tidak dapat menjalankan program dan fungsi dengan semestinya.


Beberapa fungsi utama dari sistem operasi adalah sebagai berikut :


1. Menjalankan operasi dasar komputer

Fungsi utama dari sistem operasi adalah menjalankan operasi dasar dari komputer. Sistem ini dinilai sebagai komponen vital yang menjadi dasar kerja perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau software lainnya.

Sebelum program aplikasi berjalan dan dapat berfungsi pada sebuah komputer, maka sistem operasilah yang memungkinkan program atau aplikasi tersebut dapat berjalan dan ditampilkan kepada pengguna atau user yang menggunakan perangkat komputer tersebut.

2. Mengatur kerja hardware dan software di komputer

Bisa dikatakan bahwa sistem operasi adalah Resource Manager dalam perangkat komputer.

Maksudnya, sistem operasi berfungsi mengontrol fungsi perangkat keras seperti memori, CPU, harddisk, monitor, mouse dan perangkat keras pendukung lainnya dan juga mengatur fungsi program software pembantu atau driver agar terhubung dengan perangkat keras tersebut.

3. Menyajikan tampilan yang menarik atau user friendly

Tampilan yang kita lihat dilayar komputer maupun smartphone adalah hasil dari pengoperasian OS atau sistem operasi. Dengan kata lain, sistem operasi memudahkan aplikasi berjalan sekaligus menampilkannya pada monitor layar komputer atau menerjemahkan bahasa pemrograman yang berasal dari CPU dan menampilkannya dalam bentuk teks, grafis dan gambar  tampilan lainnya yang mudah dimengerti dan yang pasti menjadi lebih user friendly.

Sistem operasi juga berperan sebagai suatu interface atau tatap muka antara user atau pengguna dengan perangkat keras yang digunakan.

4. Mengkoordinasi kerja perangkat keras dan perangkat lunak komputer

Selain mengatur perangkat keras dan perangkat lunak agar bekerja dan  terhubung satu sama lain, sistem operasi juga berfungsi mengatur segala hal didalam komputer terutama menyusun program-program yang sifatnya kompleks menjadi lebih mudah, sederhana dan berurutan. Sistem operasi memudahkan suatu aplikasi agar dapat bekerja dengan cepat dan  lebih efisien.

5. Mengoptimalkan fungsi perangkat-perangkat komputer

Fungsi lain dari sistem operasi atau OS adalah mengoptimalkan penggunaan perangkat keras maupun perangkat lunak. Misalnya dalam hal mengatur waktu booting, pemanggilan data yang tersimpan dalam harddisk, ataupun mempercepat dalam membuka program aplikasi.

6. Mengawasi dan melindungi jalannya suatu fungsi program aplikasi

Sistem operasi memungkinkan user atau pengguna yang memiliki hak akses untuk mengakses komputer dalam menjalankan suatu program aplikasi dan mengendalikan siapa saja yang bisa mengakses program tersebut atau yang dikenal sebagai fungsi Gate Keeper. Tidak hanya mengendalikan user dalam mengakses sistem atau program, sistem operasi juga mengawasi segala hal atau aktifitas yang dilakukan user dalam mengakses sistem program aplikasi dalam komputer.

Semua file yang tersimpan dalam komputer juga dilindungi oleh sistem operasi dengan bantuan program aplikasi seperti anti virus dan sejenisnya dan hanya bisa diakses oleh orang yang berhak mengaksesnya atau memiliki akses dan kendali penuh atas suatu perangkat komputer.

Demikian pengertian sistem operasi dan fungsi sistem operasi yang bisa dimengerti secara umum. Semoga artikel mengenai pengertian sistem operasi ini secara umum bermanfaat untuk kalian dan khususnya buat saya.

 Apabila artikel ini bermanfaat, kalian bisa bantu share dengan mengklik tombol share ke teman, saudara, atau keluarga di sosial media favorit kalian. Terimakasih ! 