FITUR TERBARU INSTAGRAM, IGTV

Belum lama ini Instagram melaunching fitur baru yaitu IGTV, Sebuah fitur terbaru dari instagram yang memungkinkan penggunanya menonton dan membagikan video dalam durasi yang lebih panjang dari IG stories, bahkan hingga 1 jam untuk para konten creator.

Tampilan di IGTV ini berbeda dengan youtube, karena mereka hadir dengan tampilan vertical dan memenuhi layar gadget penggunanya. Selain dalam aplikasi Instagram, aplikasi IGTV juga berdiri sendiri.

Dengan fitur ini, sepertinya netizen akan lebih leluasa sharing video melalui akun instagram.com. Sebelum posting video ke IGTV Anda perlu mengetahui beberapa hal dan juga beberapa langkah untuk melakukannya. Berikut adalah penjelasannya:

 Durasi video dari 15 detik sampai 10 menit. Untuk akun yang punya followers besar bisa sampai 1 jam.
- Format video harus MP4.
- Tidak bisa live streaming. Jika ingin live streaming Anda bisa menggunakan IG Stories.
-  Video dalam bentuk vertikal dengan aspek ratio minimal 4:5 dan maksimal 9:16.
-  Isi video tidak melanggar TOS di Instagram.
-  Besaran file video yang Anda upload maksimal sebesar 650mb untuk video berdurasi 10 menit. Dan maksimal 5,4GB untuk durasi 60 menit / 1 jam.
-  Sebelum upload video Anda ke IGTV, Anda harus membuat saluran (channel) terlebih dahulu.

Caranya sangat mudah. Anda cukup membuka aplikasi Instagram atau aplikasi IGTV, kemudian klik bagian logo IGTV di bagian kanan atas aplikasi Instagram > Lalu klik pada tombol pengaturan (settings) yang berlogo roda gigi di bagian kanan dan klik buat saluran / create chanel.

-  Setelah selesai membuat chanel, Anda tinggal klik foto avatar Anda di IGTV kemudian tap icon plus di bagian kanan untuk upload konten video Anda > Tambahkan judul dan deskripsi video, lalu klik tombol posting > selesai, sangat mudah bukan?